Meraup Omzet Dari Hobi

Mudahnya memulai bisnis berawal dari hobi

Kenapa memulai bisnis berawal dari hobi dikatakan mudah?

Karena setiap orang yang mendalami hobi tentu menguasai seluk beluk hobi yang digemarinya. Contoh, seseorang yang hobi menulis blog akan menguasai seluk beluk menulis blog. Karena menguasai seluk beluk hobi yang digemarinya maka ketika ada peluang bisnis yang tercipta dari hobi tersebut, penggemar hobi ini akan dengan mudah memulai bisnis berawal dari hobi yang digemarinya.

Kemudahan ini bisa berupa ide bisnis. Ketika seseorang yang hobi menulis blog mendapati peluang bisnis dari hobinya menulis blog maka ia akan memikirkan ide bisnis yang sejalan dengan hobi yang digemarinya. Ide bisnis ini bisa berupa produk barang atau jasa yang memiliki nilai tambah untuk dijual. Nilai tambah ini dapat menjadi pembeda manakala bisnis berawal dari hobi ini telah ada pelopornya, maka untuk memenangkan kompetisi bisnis harus ada diferensiasi.

Bagaimana menghasilkan uang jika tidak punya hobi?

Nah... masalah ini berpotensi menjadi kendala buat sobat calon pebisnis yang berminat memulai bisnis berawal dari hobi namun tidak memiliki hobi. Kalaupun memiliki hobi yang digemari, tidak dapat mendatangkan peluang bisnis. Kendala ini bisa disiasati dengan strategi bisnis yang berorientasi pasar. Ketika sobat menemukan pasar potensial dari komunitas penggemar hobi tertentu maka langkah selanjutnya adalah menciptakan peluang dari kebutuhan anggota komunitas tersebut.

Di jagad maya alias internet, semua sumber daya yang sobat butuhkan tersedia di sini. Mulai dari informasi mengenai hobi sampai jual beli perlengkapan yang dibutuhkan para penggemar hobi ini bisa sobat cari di internet. Jika sobat telah menemukan sumber daya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, tidaklah sulit untuk memulai bisnis dengan konsep sederhana. Contoh, bisnis jual beli perlengkapan adventure branded secara online dengan membidik komunitas pecinta alam.

Seberapa besar prospek bisnis hobi?

Prospek bisnis hobi bisa jadi sangat menggiurkan, apalagi hobi yang sobat bidik sebagai peluang bisnis merupakan hobi yang digemari segmen menengah ke atas. Segmen pasar ini memiliki kekuatan finansial dalam memenuhi keinginannya dan tidak terlalu mempertimbangkan harga yang harus dibayar untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Tentu saja harga yang mahal berkorelasi dengan kualitas produk yang excellent alias di atas standar produk yang umum dijual di pasaran.

Nah... apa yang akan sobat lakukan setelah mengetahui prospek bisnis hobi?

Segera action!

Itulah kesempatan sobat untuk menjadi pelopor bisnis hobi ketika orang lain belum memikirkannya. Untuk itulah sobat calon pebisnis harus memantapkan hati dan tindakan dalam memulai bisnis, karena tanpa memantapkan hati dan tindakan maka bisnis akan mudah mengalami kegagalan ketika mendapati kendala yang membuat bisnis sobat terganggu atau mengalami kejenuhan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar